Jakarta

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pernah meraih penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) sebelum ditetapkan KPK sebagai tersangka korupsi. Selain Nurdin, penghargaan BHACA itu juga pernah didapat oleh eks Dirut PLN Nur Pamudji pada 2013 yang terjerat kasus korupsi.

Dikutip dari laman resmi BHACA, Minggu (28/2/2021), Pamudji meraih penghargaan itu bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang ketika itu menjabat Wagub DKI Jakarta.

“Ini merupakan wujud dari aksi PLN sebagai perusahaan yang bebas dari tindakan suap menyuap,” ungkap Nur Pamudji dalam sambutannya, Minggu (27/10/2013).

Namun, dalam perjalanannya, Nur Pamudji tersandung kasus korupsi. Kasus itu terjadi pada 2010. Kala itu, Nur Pamudji adalah Direktur Energi Primer PLN. Pada 2012, Nur Pamudji menjadi Dirut PLN.

Mantan Dirut PLN Nur Pamudji menjalani sidang lanjutan kasus korupsi. Ia didakwa jaksa melakukan korupsi dalam pengadaan BBM jenis High Speed Diesel (HSD).Mantan Dirut PLN Nur Pamudji menjalani sidang lanjutan kasus korupsi. Ia didakwa jaksa melakukan korupsi dalam pengadaan BBM jenis High Speed Diesel (HSD). (Ari Saputra/detikcom)

Saat itu, dilakukan pengadaan barang yang dilakukan PLN untuk BBM jenis High Speed Diesel (HSD) demi memenuhi kebutuhan pembangkit listrik tenaga gas dan uap di Muara Tawar, Tambak Lorok, Gresik dan Grati, Belawan, serta Tanjung Priok, dan Muara Karang.

Pada 2015, kasus ini dibidik Mabes Polri dan Nur Pamudji jadi tersangka. Setelah bertahun-tahun berkas disidik Mabes Polri, akhirnya kasus ini masuk ke PN Jakpus.

Pada 13 Juli 2020, PN Jakpus menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan kepada Nur Pamudji karena dinilai korupsi secara bersama-sama. Pada 12 November 2020, hukuman Nur Pamudji dinaikkan menjadi 7 tahun penjara di tingkat banding.

Artikel sebelumyaKasus Bripka CS, Propam Polri Akan Larang Polisi Masuk Tempat Hiburan-Minum Miras
Artikel berikutnyaNurdin Abdullah Ditahan KPK, Kemendagri: Wagub Jadi Plt Gubernur Sulsel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments