SURYA.CO.ID, KEDIRI – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mulai gencar menyerbu kalangan pesantren di Jatim. Salah satunya di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kota Kediri yang juga dikunjungi pejabat Forkompimda Jatim, Kamis (26/8/2021).

Vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah, membentuk herd immunity di Jatim, khususnya di lingkungan ponpes.

Pejabat Forkompimda Jatim yang hadir di antaranya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. Para pejabat disambut langsung pengasuh Ponpes Lirboyo, yaitu KH Anwar Mansyur dan KH Abdullah Kafabihi.

Kegiatan vaksinasi sebanyak 5.000 dosis itu berlangsung dua hari dengan vaksin Sinovac untuk santri dan pengasuh Ponpes Lirboyo yang melaksanakan vaksinasi tahap satu.

Pelaksanaan vaksinasi dibantu 204 tenaga kesehatan (nakes). Rinciannya nakes Polri 30 personel, nakes TNI 40 personel, nakes dari Dinkes 12 personel serta dibantu 122 orang relawan dari Universitas Islam Malang.

Selain itu melibatkan apoteker dan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) yang meliputi tenaga registrasi, sekrinning dan vaksinator.

Sedangkan 5.000 vaksin itu didatangkan masing-masing dari Polri sebanyak 1.000 dosis, dari TNI 1.500 dosis, dari Dinkes 1.000 dosis serta bantuan dari ISNU 1.500 dosis.

Jumlah santri di Ponpes Lirboyo saat ini sebanyak 36.000 orang, sedangkan yang sudah divaksin 12.000 orang. Saat ini sebanyak 3.000 santri yang masuk usia pelajar secara bertahap dilakukan vaksinasi.

Sedangkan vaksinasi untuk para santri, pengasuh, ustadz dan ustadzah Pesantren Lirboyo rencananya akan berlangsung hingga 7 September 2021 mendatang.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan vaksinasi untuk santri di Jatim dilakukan secara serentak. Saat ini total sebanyak 110 pondok pesantren yang tengah dilakukan vaksinasi.

Artikel sebelumyaPolda Papua Terima 3000 Paket Sembako dan 1500 Buah Masker Bantuan Presiden
Artikel berikutnyaPolsek Reban Salurkan Sembako Untuk Anak Yatim
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments