Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu, 6 November 2021. Jadwal tersebut diputuskan dalam rapat internal Komisi yang berlangsung pada hari ini, Kamis, 4 November 2021.

“Kami akan mengadakan fit and proper test hari Sabtu,” kata Bobby seusai rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Bobby mengatakan rangkaian fit and proper test akan dimulai pada Jumat, 5 November 2021, dengan verifikasi administrasi terlebih dulu. Dia mengatakan beberapa berkas yang bakal diverifikasi ialah laporan pajak, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, dan kelengkapan lainnya dari Andika Perkasa.

Fit and proper test itu akan digelar mulai pukul 10.00 WIB. Bobby mengatakan proses itu ditargetkan rampung dalam dua jam, kemudian dilanjutkan dengan rapat internal Komisi I untuk penyampaian pandangan fraksi-fraksi dan pengambilan keputusan.

Bobby lantas membeberkan alasan fit and proper test digelar hari Sabtu yang lazimnya merupakan hari libur bagi anggota Dewan. Pertama, kata dia, Komisi I masih menunggu surat penugasan dari Badan Musyawarah.

Hingga Kamis sore ini, kata dia, Komisi I belum menerima surat penugasan tersebut. “Tapi kalau hari Sabtu bisa dipastikan proses pertama penugasan dari Bamus sudah kami terima dan proses verifikasi sudah kami lakukan,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan penjadwalan ini mengingat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan menginjak usia 58 tahun pada 8 November. Meski secara administratif Hadi baru akan purnatugas per 1 Desember 2021, Undang-Undang TNI menyebutkan Panglima TNI pensiun pada usia 58 tahun.

“Dengan penjadwalan tadi diharapkan tidak ada transisi jabatan yang kosong,” kata politikus Golkar ini.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menilai tak ada masalah dengan penjadwalan fit and proper test yang digelar pada akhir pekan. Dia mengatakan hal tersebut dimungkinkan selama DPR memang dalam masa persidangan.

Selain itu, ucapnya, DPR sudah memutuskan bakal menggelar rapat paripurna pada Senin, 8 November 2021 pukul 10.00 WIB. “Jadi bisa hari Senin setelah paripurna Pak Andika bisa langsung dilantik siangnya atau sorenya,” kata Dave Laksono ihwal jadwal uji kelayakan calon Panglima TNI.

Artikel sebelumyaJelang Hari Korps Brimob Polri ke 76, Brimobda Malut Gelar Vaksinasi Gratis dan Baksos
Artikel berikutnyaSinergitas Kapolsek Luwuk, TNI, Pemerintah Kecamatan dan Masyarakat Melalui Aksi Peduli Kebersihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here