Ada yang bilang Pilkada 2024 ditunda. Pernyataan penundaan pilkada itu didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Pemberdayaan Bangsa (PAN).

Di sisi lain, pidato penundaan pemilu dikritik keras dan ditolak oleh banyak pihak, termasuk pakar hukum dan ulama, karena melanggar konstitusi.

Faldo Maldini, Staf Khusus Menteri Negara (Mensesneg) yang mewakili istana, mengatakan wacana penundaan Pilkada 2024 murni keinginan parpol. Istana mengklaim tidak tahu apa-apa. Karena itu, retorikanya yang menyerukan penundaan pemilu tidak boleh dikaitkan dengan pemerintah. Juga, itu ada hubungannya dengan masalah kesepakatan politik.

“Mengumumkan dukungan adalah keinginan parpol. Pemerintah tidak mengetahui rencana tersebut. Sebagai keinginan tentu saja terpenuhi,” kata Faldo dalam pesan singkat pada Senin (28 Februari 2022).

“Jadi, ini tidak ada kaitannya dengan pemerintah, apalagi dikaitkan dengan transaksi politik. Jadi, jangan sampai diseret-seret,” ujarnya.

Faldo menjelaskan, saat ini pemerintah fokus membangkitkan perekonomian bangsa di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Karena itu, tidak ada waktu pemerintah untuk mengurusi pemilu yang masih akan berlangsung dua tahun lagi. Saat ini, pemerintah fokus pemulihan kesehatan hingga perekenomian.

“Pemerintah fokus memulihkan kesehatan, dan memulihkan perekonomian, khususnya membuka lapangan kerja berkualitas sebanyak mungkin. Sekali lagi, fokus pemerintah adalah itu, bukan lain-lain,” ujarnya.

Saat ini, ia menambahkan, Presiden Jokowi juga sedang sibuk mengawal transformasi besar yakni pemindahan Ibu Kota Negara. Pemindahan Ibu Kota difokuskan sebagai upaya perubahan mindset, pembangunan yang menipiskan ketimpangan, transisi menuju energi terbarukan yang berkelanjutan, dan menata ulang kelembagaan yang selama ini menghambat percepatan.

“Jadi kalau ada yang mengaitkan pemerintah dalam memobilisasi deklarasi, menggerakkan elit-elit partai politik, kami tegaskan bahwa pekerjaan pemerintah terlalu banyak, tidak ada waktu,” tuturnya.

Artikel sebelumyaPresiden Jokowi Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2022
Artikel berikutnyaPrabowo Bertemu Wakil Menhan Arab Saudi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments