Jakarta

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan analisisnya tentang penyebab kasus Corona (COVID-19) turun dalam 2 minggu terakhir. Menkes menyebut turunnya kasus Corona salah satunya karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Dari sini kami mengambil kesimpulan, jumlah turunnya testing memang benar-benar disebabkan oleh libur. Jadi, turunnya kasus konfirmasi dan turunnya pasien yang dirawat di rumah sakit memang disebabkan secara fundamental, laju penularannya berkurang. Kalau kita analisa, disebabkan, laju penularan sejak libur Natal dan tahun baru sudah dicapai dan dampak penerapan PPKM sesudah libur Natal dan tahun baru bisa membatasi pergerakan masyarakat, sehingga mengurangi laju penularan,” ujar Menkes BGS dalam konferensi pers di saluran YouTube Kemenkes, Rabu (17/2/2021).

Dalam data yang ditampilkan, terlihat ada penurunan kasus Corona sejak awal Februari. Belajar dari lonjakan kasus Corona usai libur Natal dan tahun baru, pemerintah menerapkan PPKM di sejumlah daerah untuk menekan laju penularan.

“Sehabis naik, karena virus ini sifatnya 14 hari akan mati dengan sendirinya, menurun. Jadi yang terjadi adalah puncak dari kasus konfirmasi setelah libur panjang Natal dan tahun baru sudah terlampaui, sehingga confirmed case-nya turun. Selain itu, mobilitas sejak naiknya kasus konfirmasi pasca-libur Natal dan tahun baru, dilakukan pengetatan lewat program PPKM, sehingga itu juga menyebabkan kasus konfirmasinya turun,” kata BGS.

Grafik kasus COVID-19 di IndonesiaGrafik kasus COVID-19 di Indonesia (Kemenkes)

Kemenkes juga sudah melakukan verifikasi dengan data pasien COVID-19 di rumah sakit. Kata BGS, memang terjadi penurunan kasus Corona 2 minggu terakhir, bukan hanya karena jumlah orang yang dites berkurang.

“Kita lihat ini jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, dan ini konsisten dengan yang tadi kita tampilkan, bahwa turun relatif selama 2 minggu. Jadi, baik kasus konfirmasi maupun pasien yang dirawat di rumah sakit sejak 2 minggu terakhir sudah turun, dan turunnya bukan 4 hari terakhir seperti yang kita lihat saat jumlah tes kita turun,” kata BGS.

“Jumlah tes turun 4 hari terakhir, tetapi kasus konfirmasi sudah mulai turun sejak 2 minggu terakhir. Dan pasien masuk rumah sakit sudah turun 2 minggu terakhir,” imbuhnya.

Halaman selanjutnya soal positivity rate COVID-19 tinggi…

Simak Video: Satgas Beberkan Penurunan Kasus Covid-19 Akibat PPKM

[Gambas:Video 20detik]

Artikel sebelumyaFredy Kusnadi Disebut Mafia Kelas Kolonel, Pengacara: Jangan Bikin Gaduh!
Artikel berikutnyaJokowi Unggah Foto Cek Vaksinasi COVID di Tanah Abang: Manajemen Lapangan Baik
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments