Jakarta – Rentetan bencana terjadi di Indonesia belakangan ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mewanti-wanti warga agar waspada bencana lantaran Indonesia masuk dalam wilayah cincin api atau ring on fire.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan ungkapan duka terhadap korban gempa Malang, Jawa Timur. Jokowi mulanya menyampaikan sudah mendapat laporan perihal gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4) lalu itu.

“Saya sudah mendapatkan laporan dari Kepala BNPB mengenai terjadinya gempa bermagnitudo 6,1 yang terjadi di wilayah provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu siang kemarin 10 April 2021 dan saya juga tadi mendapatkan laporan juga bahwa terjadi gempa susulan pagi hari tadi,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (11/4/2021).

Jokowi kemudian mengatakan telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat. Termasuk untuk mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan.

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, kepada Menteri Sosial, kepada Menteri Kesehatan, dan juga Menteri PUPR serta Panglima TNI dan Kapolri beserta seluruh jajaran aparatur terkait lainnya juga Pemprov, pemerintah kota dan kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan melakukan segera, melakukan perawatan pada korban yang luka-luka dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut,” papar dia.

“Dan saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia,” imbuh Jokowi.

Jokowi lantas mengingatkan bahwa Indonesia berada di wilayah cincin api. Karena itu, lanjutnya, setiap saat bencana alam bisa melanda Indonesia.

“Dan saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api oleh karena itu aktivitias alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan yang lain-lainnya, kapan saja,” katanya.

Jokowi juga mengingatkan agar seluruh kepala daerah untuk terus waspada. Dia meminta para kepala daerah untuk terus mengimbau masyarakat agar bekerjasama meningkatkan kewaspadaan akan bencana.

“Dan oleh sebab itu saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, dan wali kota terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,” pungkas Jokowi.

Simak video ‘Data Lengkap Korban & Kerusakan Akibat Gempa Malang’:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/aik)

Artikel sebelumyaPolri Tegaskan Tindak Tegas KKB , Jamin Keamanan Warga
Artikel berikutnyaIni Titik-titik Pos Penyekatan Pemudik di Jalur Selatan Jawa
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments