Jakarta – Fraksi Partai Demokrat (PD) DPR RI berikrar setia kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jhoni Allen Marbun, yang tergabung dalam Partai Demokrat kubu Moeldoko, menyebut kesetiaannya bukan pada sosok, melainkan institusi.

“Saya orang yang punya prinsip, kesetiaan itu kepada institusi, bukan kepada orang. Kesetiaan itu kepada Partai Demokrat dalam konteks memperjuangkan nilai-nilai pendirian Demokrat di mana 9 unsur untuk mengatakan salah satunya demokratis, humanis, terbuka siapa saja boleh masuk,” kata Jhoni Allen di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Legislator Senayan dari Fraksi Demokrat ini kemudian menyinggung AHY yang masuk Partai Demokrat. Jhoni Allen mempertanyakan mengapa orang lain ingin bergabung dengan Partai Demokrat dipermasalahkan.

“AHY dulu dia di mana? Militer. Dia kan dulu di militer. Jadi ketua umum, nggak ada masalah. Kenapa orang lain dipermasalahkan,” ujarnya.

Jhoni Allen kemudian menyinggung AHY yang disebutnya merampas hak-hak kader Demokrat. Selain itu, Jhoni Allen menyebut ada pelanggaran terkait AD/ART Partai Demokrat.

“Hanya pada saat ketua umum dia mengambil hak-hak dari anggota, ya kita tidak setuju, itu intinya. Ketua majelis tinggi yang sekarang adalah ketua umum 2015-2020, kan sudah demisioner, masa ada otomatis, itu juga melanggar,” imbuh Jhoni Allen.

Fraksi Partai Demokrat DPR RI sebelumnya menggelar acara pembacaan ikrar setia terhadap kepemimpinan Ketum PD AHY. Ketua Fraksi PD DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas memimpin pembacaan ikrar setia ke AHY.

Acara digelar di halaman Gedung Nusantara yang dikenal dengan gedung kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/3). Anggota Fraksi Demokrat tampak mengenakan baju seragam batik berwarna biru.

Ketua BPPOK Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan seluruh anggota Fraksi Demokrat hadir membacakan pernyataan ikrar setia kepada AHY. Ada 53 anggota Fraksi Demokrat yang membacakan ikrar setia.

“Ikrar seluruh anggota fraksi Partai Demokrat terhadap kesetiaan AHY sebagai Ketum Partai Demokrat,” sebut Herman.

“Jadi ada 53 yang akan hadir. Sudah terkonfirmasi,” imbuhnya.

Simak video ‘Semalam Digeruduk Massa, Begini Suasana Kantor DPP Demokrat Kubu AHY’:

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/gbr)

Artikel sebelumyaKSP: Ada Agenda Tersembunyi Jerumuskan Presiden Lewat Isu 3 Periode!
Artikel berikutnyaMA Hukum Eks Menpora Imam Nahrawi Kembalikan Rp 19 Miliar ke Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here