Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka acara Grand Final Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 Piala Kapolri. Acara ini berlangsung di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (10/12/2021).

Dalam sambutannya, Kapolri Sigit menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah mengikuti lomba orasi Piala Kapolri. Lomba ini sendiri digelar dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manuasia (HAM).

“Lomba orasi ini sebagai komitmen Polri untuk menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi dengan memberikan wadah atau ruang dalam menyampaikan aspirasi,” ungkap Kapolri Sigit.

Pada kesempatan ini, Sigit juga menyinggung mengenai sejarah deklarasi HAM, hingga akhirnya setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari HAM Sedunia.

“Saya mengingatkan kembali bahwa HAM merupakan hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi secara hukum,” tuturnya.

Menurut Sigit, dalam perjalanannya HAM mengalami pasang surut. Dimana pada masa orde baru sedikit dibatasi karena untuk menjaga stabilitas pemerintahan. Sedangkan di masa reformasi, HAM menjadi hak yang dilindungi melalui Tap MPR No. XVII/MPR/1998.

Namun, lanjut dia, saat ini indeks kebebasan berpendapat juga mengalami penurunan. Salah satu hal yang menyebabkan penurunan karena adanya sumbatan komunikasi saat masyarakat menyampaikan aspirasi dan anggota Polri yang mengamankan situasi.

“Masyarakat pada dasarnya hanya ingin menyampaikan aspirasi, sementara anggota Polri menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga fenomena ini menjadi pembelajaran bagi kita semua,” tuturnya.

“Untuk kemudian hak-hak tersebut bisa dihargai, dan di sisi lain dalam kegiatannya tetap harus menghargai hak masyarakat yang lain. Dan wajib bagi Polri untuk melindungi masyarakat yang menyampaikan aspirasi,” sambungnya.

Lomba diikutiĀ  243 tim dengan peserta sebanyak 2.041 orang. Setelah dilakukan lomba di tingkat daerah dari tanggal 1-5 Desember 2021. Terpilih enam tim yang melaju berkompetisi di tingkat pusat atau Mabes Polri.

Enam tim ini mewakili enam zona wilayah Indonesia, yakni Zona Jawa diwakili Tim Jawa Timur, Zona Sumatera diwakili Tim Sumatera Barat, Zona Bali diwakili Tim Nusa Tenggara Timur, Zona Indonesia Timur diwakili Tim Maluku Utara, Zona Sulawesi diwakili Tim Sulawesi Selatan.

Artikel sebelumyaPolri Bikin Posko Check Point Nataru, Siapkan Aplikasi PeduliLindungi-mu Jika Mau Lewat
Artikel berikutnyaPolsek Tayan Hulu Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid-19
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments