Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) DPP Golkar Zainudin Amali membantah rumor bahwa Partai Golkar akan mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (calon) pemilihan umum 2024.

Zainudin di Yogyakarta pada Minggu (23 Januari 2022) mengatakan: “Hingga saat ini, kami belum mengubah keputusan Tinjauan Nasional atau Musyawarah Pimpinan Nasional bahwa kami hanya akan mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden, sudah jelas.”

Anies Baswedan melontarkan pertanyaan gila ini belum lama ini saat menghadiri pernikahan putri politisi Golkar Nurdin Halid.

Zainudin mengatakan, ibu kota milik Golkar itu menguasai kursi DPR RI 2019, sehingga Golkar harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencalonkan diri sebagai capres dan cawapres.

Menduduki peringkat kedua pengambilalihan kursi DPR RI di bawah PDI-P dengan 14,78%, Golkar yakin memiliki posisi negosiasi yang lebih kuat dalam mengeksekusi calon presiden, bahkan jika mereka harus membentuk koalisi.

“Makanya kita bergerak menuju mengintegrasikan Airlanga sebagai calon presiden,” kata Menpora.

Zainuddin pun menanggapi sejumlah hal yang dinilai berpotensi menghambat pencalonan Airlangga.

Terakhir, pada awal Januari 2022, Airlangga masuk dalam enam tokoh yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi oleh Poros Nasional Pemberantasan Korupsi (PNPK).

Dalam laporan di hadapan aktivis yang juga mantan juru bicara Gus Dur Adhie Massardi itu, Airlangga dilaporkan terkait dengan dugaan korupsi Kartu Prakerja.

“Gorka sudah terbiasa menghadapi berbagai dinamika menjelang pemilu, jadi kami tidak heran karena Gorka juga berpengalaman menangani berbagai persoalan internal maupun eksternal,” kata Zainuddin.

Yang benar-benar dipedulikan Golkar untuk membuka jalan bagi pencalonan Airlangga 2024 adalah kehadiran relawan di luar organisasi partai.

“Kami sebenarnya kaget ada pernyataan dukungan untuk Airlangga di mana-mana dan setelah kami periksa, itu bukan dari partai atau partai, yang kami khawatirkan karena relawan adalah bagian besar penentu kemenangan saat ini,” katanya.

Artikel sebelumyaPansus RUU Ibu Kota Negara Tuntaskan Pembahasan 4 Isu Krusial
Artikel berikutnyaMenkominfo Beberkan 3 Isu Prioritas Ekonomi Digital di Acara Presidensi G-20
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments